Menggabungkan Flash Menu dengan Sembarang Tema [ SE ]

Mungkin kita ingin memasang sebuah tema Flash ke hp kita tapi sayangnya kebanyakan di internet hanya di sediakan Flash menunya saja. Disini saya akan membahas bagaimana cara menggabungkan Flash Menu dengan sembarang tema yang kita sukai. Tentunya langsung memakai hp ( edit dari hp ) saja biar lebih gampang.
Pertama hal yang perlu di persiapkan adalah :

  1. Flash Menu
  2. Tema Biasa atau Tema yang ingin digabungkan dengan Flash Menu
  3. Aplikasi edit tema atau pengextract tema ( Blue FTP, powergrasph, UniFM 1.3 )
  4. Pilih salah satu aplikasi diatas tapi saya lebih merekomendasikan pakai UniFM 1.3 karena yang akan saya bahas nanti menggunakan UniFM 1.3 , selain itu aplikasi ini juga mudah sekali digunakan untuk mengedit file .xml ( jika menggunakan BlueFTP dll hanya bisa mengextract saja,sedangkan jika ingin mengedit .xml kita harus menggunakan aplikasi lain yang bisa mengedit text seperti opera modif, moby exploler dll jadi ribet kan harus buka ini itu ). Jadi intinya kita bisa langsung extrack dan edit tema langsung dalam satu aplikasi UniFM ini .
  5. Jika tidak punya UniFm 1.3 bisa download disini cari file yang bernama UniFM1.3full eng.jar
  6. Jika sudah mendownload aplikasi UniFM install dan kemudian setting aplikasinya seperti ini. Pilih option > Interface > Preferences > centang Open not supported file as text > centang chace code pages, Duplex file access , Unload module on close . Lainya biarkan saja, yang terpenting jangan centang open archive in RAM. Selesai klik Ok
Sekarang kita mulai langkah pengeditan
  1. Buka UniFM , buat folder baru dimana kita akan mengedit tema tersebut ( misalnya saja buat Folder temaku ) , Browse / cari tema yang akan diedit / digabungkan dengan Flash Menu
  2. Buka temanya dan nanti akan ada banyak file gambar dan file yang berextensi .xml , tandai semua file itu ( klik Option > File > Mark All ) setelah itu copy ( klik Option > Operations > Copy ).
  3. Sekarang masuk ke folder yang baru di buat tadi lalu paste filenya di folder baru tadi ( klik Option > Operations > Paste )
  4. Jika sudah cari file Theme.xml atau file yang berextensi .xml karena file ini berisi kode2 yang akan mengatur tema . kita hanya erlu mengeditnya sedikit. Buka file xml tadi.
  5. Nanti akan ada tulisan seperti ini, kiata hanya perlu mengeditnya sedikit.
<?xml version=”1.0″?>
<!– Created with Sony Ericsson Themes Creator –>
<Sony_Ericsson_theme version=”4.0″>
<Background Color=”0×000000″/>
<Background_image Source=”bb1.jpg”/>
<Calendar_weekview_markings Color=”0xc7f709″/>
<Desktop Color=”0×000000″/>
<Desktop_higlight_image Source=”bb20.png”/>
<Desktop_image Source=”bb1.jpg”/>
6.  Jika ingin menggabungkan dengan Flash menu kita hanya perlu menambahkan kode seperti dibawah ini setelah kode
Tambahkan kode ini
<Desktop_style Type=”File” Source=”Nama file flash menu.swf“/>
7. Tambahkan kode tersebut setelah kode theme version atau setelah kode author ( karena setiap tema tidak sama, tapi umunya setelah theme version ) di bawahnya juga boleh . Ingat nama untuk flash menu jangan pake spasi usahakan cuma satu kata atau bisa dengan menambahkan tanda Underscore _ . dan jangan lupa setelah nama sertakan juga extensinya .swf
8. Jika sudah klik ok lalu save. Setelah itu klik Option > Create > Archive > di file type Pilih TAR archive kemudian ganti nama tema tambahkan .thm Jika sudah klik OK.
9. Tandai semua file yang ada dalam satu folder tadi , tapi yang file baru dibuat yang berextensi .thm jangan ikut di tandai ( klik tombol C jika mau menandai )
10. Jika sudah di tandai semua Klik Option > Operations > Copy . lalu buka file yang baru di buat tadi yang berextensi .thm kemudian paste ( klik Option > Operations > Paste )
11. Sekarang keluar UniFM ( Options > interface > exit ) nanti akan ada proses packing tema. jika sudah selesai , cari folder tadi dan coba terapkan temanya. Bagaimana ?
Jika ada yang kurang jelas silahkan tanyakan, Terima kasih

10 Responses to "Menggabungkan Flash Menu dengan Sembarang Tema [ SE ]"

  1. bro....code dltakin di bwah ato di bwah ????
    trus file flash jg dmsukin dlam folder pa g'????
    ksih tw y bro....

    ReplyDelete
  2. @wahyu, kode td diletakin diatas, biasax setelah author atau theme version. Untuk file flashx g perlu ikut dimasukin/di pack ke dalam tema tapi file flash diletakkan di system hp tepatx tpa/preset/system/desktop/flash. Memasukkanx bsa menggunakan xs++ atau Far Manger.

    ReplyDelete
  3. adhe
    om buat hp nokia bisa ga

    ReplyDelete
  4. @anonim, syangx g bsa bwt n0kia, cm bwt sony aja :-D

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. bro... tempat buat meletakkan flash menu nya ngk da kyak:tpa/preset/system/desktop/flash
    tolong petunjuk nya bro....?

    ReplyDelete
  7. @terry'ryu, folder itu system hp jadi ga bisa di copy melalui hp, harus pake komputer n far manager (pelajari tutor flash hp dulu)

    ReplyDelete
  8. bang.kok.hasil.temanya.nggak.kompatible.sih.

    ReplyDelete
  9. mksd.ny cra n0 1. . .yang browse/cri tma yg akn di edit/gbungkan dngan flash menu. . . .cra gbungin flash menu.nya gmna!??

    ReplyDelete
  10. tidak kompatible mas

    ReplyDelete

Tinggalkan Jejak ...

Followers